Pages

Sabtu, 02 April 2016

Allah: Tuhan Maha Romantis

Allah: Tuhan Maha Romantis



إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (١٥) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (١٦) كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (١٧) وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (١٨(

“ Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar” (Adz Dzariyaat : 15 – 18)

يَأَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ, قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلاً , نِصْفَهُ أَوِ انقُصْ مِنْهُ قَلِيلاً, أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلاً, إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلاً, إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْءًا وَأَقْوَمُ قِيلاً , إِنَّ لَكَ فِي اَلنَّهَارِ سَبْحًا طَوِيلاً, وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلاً , رَبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلاً 

“(1) Hai orang yang berselimut (Muhammad), (2) bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (3) (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, (4) atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan. (5) Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. (6) Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (7) Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak). (8) Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan. (9) Dia-lah Tuhan masyrik dan magrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung”. (QS. Al-Muzammil (73) : 1 – 9)

Allah SWT telah menyeru dalam al-Qur’an bahwa shalat Tahajud adalah anjuran bagi orang beriman dan termasuk orang-orang yang bertaqwa, orang yang melakukan shalat malam yang sdikit tidurnya maka ia adalah golongan orang-orang yang bertaqwa, mereka akan berada dalam taman-taman syurga, mata air-mata air syurga, sambil diberikan segalanya oleh Rabb Tuhan Maha Romantis..

Dalam ayat lain Allah menyuruh orang-orang yang berselimut, yang masih terlena oleh mimpinya, yang masih di alam bawah sadar, yakni Nabi Muhammad SAW.  untuk bangun pada malam hari dan anjuran untuk al-Qur’an secara perlahan-lahan. Inilah anjuran Allah SWT agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa.

Allah akan turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang akhir, Allah akan memberikan apa yang kita minta, apapun itu, kekayaan, kesejahteraan, kebahagiaan, keselamatan, dan masih banyak lagi.

Maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang kamu dustakan? Bagaimana Allah tidak romantis? Dia selalu mendengar bahkan turun mendatangi hamba-hamba-Nya yang sedang menghambakan diri pada-Nya.

Bagaimana Tuhan tidak romantis? Romantis biasanya selalu diidentikkan dengan ungkapan rasa cinta kepada orang yng dicintai-Nya, saking Allah sayang dan Cinta terhadap orang-orang yang menghambakan diri diwaktu sepertiga malam, Allah datangi dan Allah kabulkan permintaannya, mau itu langsung ataupun tidak langsung...

Seperti hadis yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari nomor 1145 dan Imam Muslim nomor 758: “Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang akhir, Dia pun berkata “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku kabulkan do’anya? Adakah hamba-Ku yang ber-Istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”

Betapa Romantisnya...
Jika kita bisa merasakannya....
Jika kita benar-benar menghambakan diri pada-Nya, kepada Allah, Tuhan Maha segalanya, Tuhan Maha Kaya, Tuhan Maha Romantis.....

#InspirasiLewatMediaSosial
#Syi'arUshuluddin
#AksiTanpaNanti
#KomDaFU
#BersamaKitaBisa
#LDKSyahid
#KitaAdalahSaudara

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Subhanaallah.
Maafkan hambamu yang terlalu sibuk dengan dunia ya allah ;(

Komda Fakultas Ushuluddin mengatakan...

Astaghfirullah..
Mari terus memperbaiki diri menjadi hamba yang dicintaiNya

komdaushuluddin.blogspot.com mengatakan...

semangat Fastabiqul Khoirot :)

Siti Mahfudzoh mengatakan...

Masya Allah tulisanku 2016 silam

Posting Komentar